Subscribe:

Belajar Bahasa Devayan-Simolol

Kamis, 30 Juni 2011

Hari Ini akan Terjadi Gempa

Ada 100 persen kemungkinan akan terjadi gempa bumi hari ini. Meskipun jutaan orang di bumi ini tidak pernah merasakan gempa tersebut, karena gempa adalah kejadian sangat umum di planet ini. Jadi, hari ini gempa bisa saja akan terjadi. 
Gempa dimungkinkan terjadi setiap harinya mulai dari yang paling kecil skala richternya dan hanya alat sensitif yang dapat merasakan gerakannya sampai yang dapat mengguncang rumah, mainan, jendela, dan memindahkan benda-benda yang ada di rumah, atau getaran rambatan yang cukup kuat sehingga menyebabkan kerusakan, kematian, dan cedera.
Diperkirakan bahwa ada sekitar 700 guncangan gempa atau lebih dapat terjadi setiap tahunnya dan akan memiliki efek bencana ketika gempa berpusat di daerah penduduk. Tapi untungnya, sebagian besar pusat gempa yang berpotensi merusak berada di daerah tidak berpenghuni yang jauh dari peradaban manusia.

13093947281591365933
Gempa Hari ini (Sumber USGS)
Sebagian besar dari gempa bumi di dunia berada di sekitar tepi Samudera Pasifik (Ring of Fire), dan sebagian besar dari wilayah Indonesia berada pada daerah tersebut. Seismolog dunia menyebutnya sebagai Sabuk Sirkum Pasifik, Lokasi ini adalah lokasi yang paling mungkin untuk terjadinya gempa saat ini. Begitupun gempa bisa saja menghantam lokasi manapun, karena sebenarnya tidak ada daerah sepenuhnya yang bebas dari gempa bumi di dunia ini.
Menyatakan bahwa gempa bumi akan terjadi hari ini bukanlah sebuah prediksi. Karena untuk saat ini, gempa sebenarnya tidak dapat diprediksi. Siapapun bisa membuat pernyataan akan adanya gempa hari ini dan itu akan benar-benar terjadi. Karena diketahui ada beberapa ratus sampai jutaan gempa bisa terjadi setiap tahunnya, dengan demikian ada ribuan gempa dapat terjadi untuk setiap harinya, meskipun kebanyakan terlalu kecil untuk dirasakan.
Masalahnya adalah ilmu manusia sampai saat ini belum dapat memprediksi di daerah mana persisnya gempa kuat akan terjadi dan kapan waktu pastinya. Karena gempa adalah sebuah kepastian, gempa adalah sebuah fenomena Pemilik Alam ini, semakin tua bumi maka akan semakin sering terjadinya gempa, hingga kelak suatu saat nanti tiba masanya bumi dan se isinya akan hancur kembali.
Tulisan ini pernah dimuat di kompasiana 

Protected by Copyscape Web Plagiarism Detection